Arwana Makin Jarang Ditemukan di Kalteng

 

Golden Red

 

Palangkaraya, Kompas – Dalam kurun waktu 30 tahun terakhir, populasi ikan arwana kian berkurang. Masyarakat melaporkan makin jarang menemukannya di sungai-sungai atau rawa-rawa wilayah Kalimantan Tengah. Dalam bahasa Dayak, arwana (Scleropages formosus) dikenal sebagai tangkalasa atau kalakasa.
Direktur Eksekutif Mitra Lingkungan Hidup Kalimantan Tengah (Kalteng) Itan di Palangkaraya, Selasa (16/10), menuturkan bahwa salah satu habitat alami arwana adalah di hulu-hulu sungai, seperti di sekitar pegunungan Schwanner-Muller.
Arwana memiliki ketergantungan yang tinggi dengan lingkungan. Menurut Itan, langkanya arwana di alam liar saat ini dipengaruhi oleh rusaknya habitat alami, antara lain akibat perubahan bentang alam dengan adanya berbagai kegiatan manusia.
Kerusakan habitat alami mengganggu siklus mata rantai ikan dan juga mengurangi kemampuan reproduksi arwana di alam.
“Langkanya arwana di alam liar juga didorong oleh tingginya nilai ekonomi ikan ini, dari yang masih kecil seharga Rp 250.000 hingga jutaan rupiah per ekor sehingga banyak yang mencari,” katanya.
Menurut dia, mulai langkanya ikan arwana juga merupakan salah satu indikasi rusaknya habitat alami. Indikasi kerusakan lingkungan lain adalah makin keruhnya air sungai dan kian seringnya frekuensi banjir akibat luapan sungai.
Abah Mila, seorang warga Palangkaraya, Kalteng, menuturkan, sudah sekitar 20 tahun terakhir ini dia tidak pernah melihat ikan arwana di sungai-sungai ataupun di rawa tempat ia biasa menjala.
“Hanya pernah sekali saya lihat ada arwana yang baru saja ditangkap, tetapi sudah mati dan dijual di pasar beberapa tahun lalu,” katanya Abah Mila menuturkan bahwa ada dua jenis tangkalasa yang dikenal, yakni yang berwarna putih keperakan dan kuning keemasan. (CAS)

About these ads

Perihal Del Prio
Saling berbagi, saling memberi, saling menerima. (^.~)v Saling silang tapi bukan kawin silang (^,^)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: