Melihat Ciri-ciri Merpati Tinggian dari Perilaku

Sebelumnya kita mengetahui bagai mana ciri fisik untuk merpati tinggian pada posting kali ini kami hadirkan bagi para pecinta merpati tinggian ciri-ciri non fisik / tingkahlaku merpati tinggian.

 

 

 

Ciri-ciri non fisik : Tingkah laku merpati

  • Suara kepakan sayap
    bila kita mau memperhatikan suara kepakan dari sayap burung merpati, tentu dari merpati yg satu dan lainnya akan berbeda. apa sebenarny yg membuat suara kepakan ini kian berbeda?
    ya,, memang suara kepakan dari burung yg sudah jadi/terbang tinggi dan belun jadi/msh latihan trnyta memang berbeda. apalagi dengan burung merpati yg sama sekali belum latih terbang (umbaran)
    *kepakan sayap burung merpati yang sudah terbang akan terdengar lebih ringan (teratatak)kira2 bgtu,kalau sudah terbang dan tinggi, di sela2 kepakannya ada suara sperti(wis.. wis..)
    *sedangkan sayap burung merpati yg belum folsir terbang/jarang terbang akan terdengar lebih berat(tjeplak-tjeplak)
    memang kalau tanpa mengamati dengan seksama dan berulang2 akan tampak susah membedakan suara kepakan ini.
  • Cara turun
    Saat kita belanja di pasar,,tentu akan banyak pedagang yg sibuk menawarkan merpati dagangannya,,
    kalu saya,, saat membeli sering mengamati dari jarak yg agak jauh, melihat para pedagang menawarkan burung2 yg dijajakanny pada calon pembeli,
    biasany burung ini (burung giring) akan diperlihatkan giringny dengan cara betina di naik turunkan kurungan,,
    nah,, inilah kesempatan kita menilai mental si burung tsb! kalau kita mau mengamati, cara turun burung dari kurungan itu akan bermacam2. ada yg melompat dengan mengepakkan sayap, ada yg langsung turun menjatuhkan tubuhnya (ada yg dengan posisi kepala di depan, ada pula yg dadany di depan).
    ya,, untuk mental burung, , burung yg menjatuhkan tubuhnyalah yg memiliki mental untuk turun. bukan merpati yg turun kurungan dengan cara melompat dengan mengepakkan sayapnya, akan tetapi cara itu hanya bisa di pakai untuk memperkirakan kemampuan mental turunny, bukan kemampuanny untuk turun. karena untuk kemampuan turun masih diperlukan perangkat2 lain yg memadai(tulang leher,sapit urang,pinggang,dll)
  • Cara Jalan
    Banyak dari penggemar burung merpati tidak lagi memperdulikan cara jalan dari burung merpati ini.
    memang cara jalan burung hanya bisa digunakan untuk memperkirakn malas dan tidakny burung,, meski hanya sedikit orang yg mempercayai, semoga pendapat ini bisa sedikit bermanfaat bagi sesama penggemar yg menginginkan burung merpatiny adalah merpati yg rajin dan tidak malas terbang saat burung berjalan, coba kita amati telapak kakiny,, napak (menyentuh tanah) atau tidak.
    biasany burung merpati yg berjalan hanya menapakkan keempat jariny(tanpa telapak kakiny),
    akan mempunyai kemampuan terbang yg lebih panjang/lama dari pada burung yg menapakkan telapak kakiny saat berjalan. anda tidak percaya? coba buktikan sendiri dengan burung yg mempunyai segala baik pegangan dan lain2 yg sama, dan perkiraan umur yg sama, latihan yg sama, pakan yg sama, dengan jalan yg berbeda seperti diatas saat burung sudah sama2 jadi/hafal lapak/rumah, terbangkan burung berulang kali, dan burung mana yg memp. ketahanan terbang paling baik diantara keduanya? burung mana yg lebih dulu lelah/”ngenduk”/hinggap di sembarang tempat?
  • Penampilan
    Setelah melihat cara berjalan dari burung merpati, tidak salah bila kita melihat keunggulan burung merpati dari bentuk tubuhny saat berdiri.
    burung yg berdiri terlihat punggung & pinggangny menyembul/ tampak “berpunuk” tentu akan memp kemampuan terbang dan turun yg berbeda dari burung yg memp bentuk tdk spt itu. biasany p burung akan tampak menggantung.
    bila kita melihat merpati dengan bentuk tubuh spt itu, ada kemungkinan burung ini memp gaya terbang dengan speed kencang, dan kemampuan turun yg patut diperhitungkan.
  • Waspada
    Saat burung kita lepas di luar kandang, bila kita mau memperhatikan tentu pandangan dan gerak-ik kepala burung merpati ini akan memp gaya yg berbeda. ada yg hny diam terlihat cuek dengan keadaan sekitar, ada pula yg tampak waspada dan gesit mengikuti gerakan2 disekitarny, baik gerakan didekatny ataupun gerakan dari kejauhan.
    burung dengan tingkat kewaspadaan tinggi patut kita perhitungkan kemampuan penglihatanny.
  • Gerak bulu ekor
    Saat kita memilih burung merpati, baik di pasar maupun di peternak, tidal ada salahny kit a memperhatikan pergerakan bulu ekor merpati tsb saat bekur.

    1. Ekor burung saat bekur yang memp kecepatan “megar-mingkup”/ bulu2 ekorny merapat dengan cepat (dilihat dari samping), biasany dimiliki oleh burung yg memp pinggang rapat. dan ini sangat mempengaruhi kemampuan turunny.
    2. Ekor bururng yg selalu “megar”/terlihat jarak2 dari bulu ekorny (dilihat dari samping), Akan memp kemampuan turun yg kalah baik bila dibandingkan dengan tipe pertama.

Untuk ciri fisik silahkan klik disini

Perihal Del Prio
Saling berbagi, saling memberi, saling menerima. (^.~)v Saling silang tapi bukan kawin silang (^,^)

5 Responses to Melihat Ciri-ciri Merpati Tinggian dari Perilaku

  1. dipta mengatakan:

    ane tawarin anakan Gudang Garam gan. dipta Jogja 081804060604

  2. aditya rizkianto mengatakan:

    saya sanggat suka dengan merpati tinggian….?
    Dan saya sangat senang bermain burung merpati….
    maka dari itu saya sependapat dengan tips ini….?

    • aditya rizkianto mengatakan:

      baguus…?

  3. nathh mengatakan:

    thax iaa ^^v ,, tapi tolong diperjelass.. tapi tetep sssiiiiippppp deh!!

  4. altafunisa alta mengatakan:

    Kira2 dgn hrga brpa situ nawarin trunan GG. slm dr pnggmar merpati tinggian dr kds

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: