Angklung Jadi Warisan Budaya Dunia pada November

Uhuii… kerennnn, satu lagu kebudayaan Indonesia diakui dunia, kalau dah jadi hak paten kan dah ga waswas lagi kalau ada yang mencuri.

Berikut berita dari ANTARA “Alat musik tradisional Angklung akan dikukuhkan sebagai salah satu warisan budaya dunia atau “World Intangible Heritage” oleh UNESCO pada bulan November 2010.

“Insya Allah, Angklung pada bulan November atau Desember ini akan dikukuhkan sebagai `World Intangible Heritage` atau warisan dunia oleh UNESCO, yang berasal dari Indonesia” kata Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Prof dr H Arief Rachman, di Gedung Pakuan Bandung.

Ia mengatakan, dengan dikukuhkannya angklung oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia, maka tidak akan ada lagi negara lain yang mengaku (klaim) angklung.

“Kalau Malaysia ingin memiliki (angklung) silakan saja, tapi kan harus dilihat sumber mata airnya (angklung) dari mana,” katanya.

Selain angklung, pihaknya juga sedang mengupayakan agar budaya lainnya di Indonesia seperti Kain Tenun, Tari Saman bisa dikukuhkan sebagai akan dikukuhkan sebagai “World Intangible Heritage” atau warisan dunia oleh UNESCO yang berasal dari Indonesia.

“Kami juga sedang mengupayakan agar kebudayaan lain di Indonesia seperti Tari Saman dan Kain Tenun bisa dikukuhkan UNESCO sebagai “World Intangible Heritage”,” katanya.

Sebelumnya, angklung juga diramaikan telah diklaim oleh Malaysia sebagai alat musik asli negara itu.

Selain adanya pengamanan dan pengakuan angklung sebagai warisan budaya dunia, juga akan berdampak secara ekonomis.

Para perajin angklung akan diuntungkan dengan mendapatkan banyak pesanan angklung dari dalam dan luar negeri.”

Sekarang tinggal gimana kita sebagai generasi muda ikut serta dalam melestarikannyašŸ˜€

Perihal Del Prio
Saling berbagi, saling memberi, saling menerima. (^.~)v Saling silang tapi bukan kawin silang (^,^)

One Response to Angklung Jadi Warisan Budaya Dunia pada November

  1. hadifermana mengatakan:

    Horaiii..horaiii… Perlahan-lahan budaya Indonesia akan diakui dunia. Ayo pemuda indonesia wujudkan karyamu…. MERDEKA.. hehe.. semangat bgt ya mas??? higi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: